Wakil Walikota Resmikan Kampung Keluarga Berkualitas

Wakil Walikota Resmikan Kampung Keluarga Berkualitas

KAMPUNG Keluarga Berkualitas yang ke-12 resmi di bentuk. Peresmian Kampung KB Seirama Larangan Selatan Kelurahan Kecapi diresmikan oleh Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati, di Baperkam RW 18 Larangan Selatan, Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kamis (5/11).

Wakil Walikota menyampaikan, Kampung KB Seirama merupakan wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas keluarga, mulai dari kesejahteraan yaitu perekonomian masyarakat.

“ Kampung KB Seirama harus menjadi wadah peningkatan perekonomian melalui usaha mikro yang di mulai dari keluarga,” katanya.

Selain itu, kata Eti, harus ada keterlibatan dari seluruh pihak dalam mengembangkan wilayah Kampung KB Seirama. Tidak hanya masalah kependudukan saja, seluruh dinas dan swasta dapat membantu dan mendukung program pembangunan di Kampung KB Seirama.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Cirebon, Suwarso Budi Winarno menjelaskan, setiap Kelurahan di Kota Cirebon pasti dibentuk Kampung KB, secara bertahap.

Kampung KB Seirama Larangan Selatan, Kelurahan Kecapi berfokus pada wilayah RW 18 Larangan Selatan. Di mana wilayah ini berada di bantaran sungai, padat penduduk, serta capaian kesertaan KB yang masih di bawah rata-rata Kota Cirebon tahun 2020.

Ketua Kampung KB Seirama, Darwati berharap, keberadaan Kampung KB mampu menjadi sentra penggerakkan kegiatan masyarakat, melalui program kerja yang dapat mengembangkan potensi di wilayah setempat.

Pemilihan nama Kampung KB Seirama yaitu berasal dari akronim Se (sehat), I (indah), R (Ramah), A (aman), M (makmur) dan A (agamis). Nama Seirama diharapkan supaya wilayah Kelurahan Kecapi khurisnya RW 18 Larangan Selatan mampu menjadi wilayah yang sehat, indah, ramah, aman, makmur dan agamis.

Kegiatan Peresmian Kampung KB Seirama Larangan Selatan Kelurahan Kecapi dihadiri oleh Wakil Walikota Cirebon, DPPKB Kota Cirebon, Camat Harjamukti, Ketua Tim Penggerak PPK Kecamatan Harjamukti, Lurah Kecapi, Kepala Puskesmas Larangan, Forum RW Kelurahan Kecapi, PKK se-Kelurahan Kecapi, Babinsa Kelurahan Kecapi, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kecapi, tokoh masyarakat, Pengurus Kampung KB Seirama, Pengurus UPPKS Top 18 Seirama, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan Peresmian dilaksanakan juga pelantikan Pengurus Kampung KB Seirama, dan Penampilan Tari Topeng.

Selain Kampung KB Seirama Larangan Selatan Kelurahan Kecapi, di tahun 2020 telah di bentuk Kampung KB Harmonis Kayuwalang Kelurahan Karyamulya, Kampung KB Tunas Kencana Kebon Cai Kelurahan Pekalangan, dan Kampung KB Flamboyan Cangkol Tengah Kelurahan Lemahwungkuk. (abd/adv)

https://www.youtube.com/watch?v=i8zi9QLe2qY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: